Rekomendasi Oli Untuk Mobil Bekas Di Atas 10 Tahun

Rekomendasi Oli Untuk Mobil Bekas Di Atas 10 Tahun, HaloBengkel.com – Apakah anda pernah mendengar bahwa mobil tua tidak cocok

Rekomendasi Oli Untuk Mobil Bekas Di Atas 10 Tahun, HaloBengkel.comApakah anda pernah mendengar bahwa mobil tua tidak cocok menggunakan oli encer? Anda yang memiliki mobil tua, atau berencana untuk membeli mobil bekas dengan usia 10 tahun ke atas, jika mendengar hal itu pasti akan berpikir untuk mengganti oli. Namun apakah benar bahwa oli untuk mobil 10 tahun ke atas harus menggunakan oli yang kental?

Perlu diketahui bahwa viskositas atau tingkat kekentalan oli memang bermacam-macam. Anda bisa membedakannya dari kode pada kemasan oli seperti misalnya 10W-30, 15W-40, 5W-30, dan lainnya. 

Huruf W pada kode tersebut artinya Winter, sedangkan angka di depannya menandakan titik beku. Lalu angka di sisi belakang adalah flash point atau juga titik uap. Semakin kecil angka di depan huruf W, maka oli semakin encer. 

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

Pada mobil dengan tahun produksi yang baru dan juga dengan kondisi suhu Indonesia, cukup dengan menggunakan oli 10W – 30. Anda tidak langsung membutuhkan oli spesifikasi 0W – 30 atau 5W – 40. Tetapi karena kebanyakan oli yang ada dijual di pasaran memiliki spek 5W – 40, maka tak masalah kita menggunakannya.

Teknologi pada mobil baru memang sudah memungkinkan untuk menggunakan oli dengan tingkat viskositas yang sangat encer sekalipun. Berbeda dengan mobil yang diproduksi puluhan tahun lalu. Jika anda memiliki mobil tua, tentu saja tidak akan cocok untuk menggunakan oli dengan tingkat viskositas yang encer. Mobil tersebut, dengan teknologi yang masih jadul, membutuhkan oli dengan tingkat viskositas yang kental.

Jika mobil tua dipaksa menggunakan oli dengan tingkat viskositas yang encer, maka kemungkinan yang terjadi adalah mobil akan sangat cepat panas, oli cepat habis, dan juga oli bisa ikut terbakar di mesin pembakaran.

Namun jika kita membicarakan mesin mobil dengan tahun produksi 10 tahun ke atas, ini artinya mobil belum terlalu tua. Tahun 2010 sudah banyak mobil yang menggunakan teknologi canggih dan membutuhkan oli dengan viskositas yang encer. Jadi, pemilihan oli untuk mobil di atas 10 tahun memang harus melihat lagi mesin mobil milik anda, lalu sesuaikan spesifikasi oli dengan mobil tersebut.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

Jangan sampai anda nekat menggunakan oli dengan viskositas yang kental hanya karena mobil tersebut sudah tua padahal mobil tersebut membutuhkan oli dengan viskositas yang encer. Untuk memastikan jika viskositas oli sesuai dengan spesifikasi mobil tua anda, bisa dilakukan percobaan secara bertahap sebagai berikut.

Jika mesin mobil anda biasa menggunakan oli mesin dengan tingkat viskositas 15W-40 untuk mobil tua, anda bisa mencoba mengubahnya dengan spesifikasi oli 20W-30. Jangan langsung mengubah dengan tingkat viskositas oli yang ekstrim seperti 5W menjadi 20W. Lakukan secara bertahap. 

Setelah itu, coba untuk berkendara 5.000 kilometer. Jika memang tidak ada masalah, mesin terasa halus, dan bertenaga, kemungkinan besar memang cocok dan bisa melanjutkan untuk dipakai.

Berikut ini beberapa rekomendasi oli yang bisa anda coba untuk mobil dengan usia di atas 10 tahun:

  • Castrol Magnatec 10W-40
  • Repsol Elite Injection 10W-40
  • Pertamina Lubricants Fastron Techno SAE 10W-40
  • Shell Helix HX3 SAE 20W-50
  • Pertamina Lubricants Mesran Super SAE 20W-50
  • Prima XP SAE 20W-50

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi