Periode dan Alasan Pentingnya Service Berkala Mobil

Service berkala mobil memang menjadi hal penting yang harus pemilik lakukan. Hal ini sangat penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan

Service berkala mobil memang menjadi hal penting yang harus pemilik lakukan. Hal ini sangat penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara setiap harinya. 

Apalagi untuk mobil ada banyak sekali komponen mesin di dalamnya yang membutuhkan perawatan secara rutin. Karena jika tidak mendapatkan perawatan dan pemeliharaan, performa komponen tersebut bisa berkurang. 

Imbasnya tentu pada kinerja kendaraan dan bahkan bisa berbahaya untuk berkendara. Lantas, apa saja periode service untuk mobil itu? Dan apa saja komponen yang perlu pemilik mobil perhatikan ketika service? 

Pengertian dan Manfaat Service Mobil 

Sebelumnya, perlu Anda pahami terlebih dahulu bahwa service adalah kegiatan untuk memperbaiki, menyetel, merawat, atau mengganti berbagai komponen pada kendaraan yang mengalami penurunan kinerja. 

Kegiatan service ini bisa berlaku untuk mobil maupun motor. Bagi mobil, service sangat penting untuk memastikan berbagai komponen mesin dalam mobil bisa berada dalam kondisi yang baik untuk berkendara. 

Inilah beberapa manfaat service mobil yang bisa Anda simak:

1. Menghemat Potensi Biaya Perbaikan

Ketika Anda melakukan servis secara rutin, kerusakan yang ada di komponen mesin bisa terdeteksi lebih awal. Artinya, jika ada perbaikan pun biaya yang harus Anda keluarkan tidak akan sebesar ketika komponen tersebut sudah rusak. 

2. Efisiensi Bahan Bakar 

Bahan bakar adalah hal krusial untuk sebuah mobil. Oleh karena itu, siapa saja pasti ingin mobil mereka memiliki bahan bakar yang efisien dan tidak boros. 

Service rutin mobil bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Hal ini karena filter bahan bakar dan filter udara akan teknisi periksa sehingga kerusakan sekecil apapun bisa segera mendapatkan penanganan. 

3. Memperpanjang Usia Mobil 

Setiap pemilik kendaraan pasti ingin mobil mereka memiliki umur yang panjang selama bertahun-tahun. Service berkala mobil bisa menjaga mobil dalam kondisi yang prima dan baik sehingga performanya bisa tahan selama bertahun-tahun. 

Mobil yang terawat juga cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Tentu ini akan sangat membantu jika Anda memiliki rencana untuk menjual mobil di masa depan. 

4. Menjaga Performa Mobil 

Servis akan melibatkan prosedur pengecekan dan pemeriksaan pada berbagai komponen mobil. Selain itu, filter dan oli mesin juga akan mengalami pergantian secara rutin. 

Ketika oli, filter, dan berbagai komponen mobil terjaga, mobil pun akan memiliki performa yang jauh lebih baik. Mesin akan selalu memiliki kondisi yang baik sehingga performa mobil secara keseluruhan pun terjaga. 

5. Menjaga Tingkat Emisi Mobil 

Kegiatan servis rutin mobil juga berdampak pada emisi mobil. Ketika komponen mesin mobil tidak bekerja dengan optimal, maka mobil bisa mengeluarkan tingkat emisi yang lebih besar. 

Tingkat emisi yang terlalu tinggi ini tentu bukan lah hal yang baik karena bisa melebihi standar emisi yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, supaya tingkat emisi terjaga, mobil perlu Anda servis secara berkala. 

Periode dan Jangka Waktu Service Mobil 

service berkala mobil

Ada beberapa periode atau jangka waktu untuk service mobil yang bisa Anda jadikan pedoman, yaitu:

1. Servis Setelah 50.000 Km

Pertama, ada servis berkala yang bisa Anda lakukan ketika mobil sudah mencapai lebih dari 50.000 km. Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa servis gratis dari produsen mobil biasanya hanya berlaku selama 3 tahun atau 50.000 km.

Melewati durasi atau jarak tersebut, maka akan ada servis tambahan terhadap komponen mobil tertentu. Pada servis ini, Anda lah yang harus membayar penuh biaya servis tersebut. 

Pada servis ini, berikut adalah pekerjaan yang umumnya yang akan teknisi lakukan:

  • Odometer 60.000 km umumnya akan dilakukan penggantian bearing, drive belt, dan pengurasan minyak rem 
  • Odometer 100.000 km umumnya akan dilakukan penggantian busi jika menggunakan jenis busi iridium 
  • Odometer 200.000 km umumnya akan ada proses penggantian serta pengurasan air radiator (coolant). 

2. Servis Setiap 40.000 Km/ 80.000 Km / 120.00 Km

Banyak yang menyebut service mobil pada odometer ini sebagai servis besar. Alasannya karena di periode ini mobil akan melewati semua jenis servis di kelipatan 5.000 km/10.00 km/20.000 km. 

Pada servis ini, umumnya teknisi akan melakukan penggantian oli untuk transmisi matic, penggantian oli gardan, dan juga penggantian filter udara. Biaya servis yang harus Anda keluarkan juga berbeda-beda tergantung tipe mobil. 

Umumnya biaya service mobil yang harus Anda keluarkan adalah mulai dari Rp1.800.000 sampai dengan Rp2.500.000. 

3. Servis Berkala Setiap 20.000 Km/ 60.000 Km/ 100.000 Km

Service berkala mobil pada jarak ini juga populer dengan servis tahunan. Ketika melakukan servis di periode ini, umumnya teknisi akan melakukan pengecekan secara menyeluruh pada kondisi mobil. 

Mulai dari mengecek sistem kemudi, sistem pengereman mobil, sistem bahan bakar mobil, sampai dengan sistem kelistrikan. Penggantian beberapa komponen mobil juga bisa terjadi, seperti filter AC, filter bensin, busi, atau oli transmisi manual. 

Tidak hanya sampai disitu, umumnya teknisi juga akan melakukan pemeriksaan pada sistem suspensi, roda mobil, dan juga kaki-kaki. Mobil akan melalui proses balancing dan spooring untuk memeriksa apakah ada masalah pada ban. 

Teknisi juga umumnya akan melakukan rotasi ban. Biaya servis untuk periode ini nantinya bisa tidak sama antara satu mobil dengan yang lain. Hal ini tergantung dari jenis dan tipe mobil serta kerusakan atau penggantian komponen tertentu. 

Akan tetapi, umumnya biaya servis tersebut bisa mulai dari Rp1.600.000 sampai dengan Rp2.300.000 untuk satu kali servis. 

4. Servis Berkala Setiap 5.000 Km atau 10.000 Km 

Ini adalah periode servis berkala mobil yang paling cepat. Anda bisa melakukan servis ini setiap 3 sampai 4 bulan atau pada jarak 5.000 km. 

Dalam servis ini, umumnya mobil akan melalui proses penggantian oli mesin dan juga filter oli. Biasanya penggantian oli harus lebih cepat, terutama jika menggunakan jenis oli yang semi sintetis, bukan full sintetis. 

Alasannya karena oli full sintetis memiliki ketahanan yang lebih baik. Selain itu, jika Anda setiap harinya menggunakan mobil pada rute lalu lintas yang padat, maka penggantian oli juga harus lebih cepat. 

Pada proses servis ini, umumnya para teknisi akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti pengecekan kampas rem, kopling, busi, air aki, minyak rem, dan menambah air radiator atau (coolant). 

Selain itu, teknisi juga akan memeriksa komponen lain seperti saringan udara, sistem pendingin, celah katup, karburator, dan lain sebagainya. Untuk biaya servis periode ini juga bisa berbeda-beda, sesuai dengan tipe mobil. 

Akan tetapi, umumnya Anda bisa mengeluarkan biaya mulai dari Rp1.100.000 sampai dengan Rp1.300.000 untuk satu kali servis. 

5. Tune Up 

Terakhir, ada tune up yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan servis. Hanya saja, biasanya tune up akan memakan waktu yang lebih lama daripada servis berkala dan komponen yang akan teknisi periksa pun lebih banyak. 

Para pemilik mobil bisa melakukan tune up ketika mobil sudah tidak begitu nyaman ketika Anda kendarai atau setiap tahun sekali. Dengan melakukan tune up, kondisi mobil bisa kembali prima dan performanya menjadi lebih baik. 

Komponen yang Diperiksa Saat Service Berkala Mobil 

service berkala mobil

Ketika melakukan servis berkala, ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian bagi para teknisi jasa service mobil. Di antaranya adalah:

1. Cek Sistem Kelistrikan 

Pertama, teknisi umumnya akan melakukan pengecekan dan pemeriksaan untuk sistem kelistrikan mobil. Karena seperti yang Anda ketahui, kelistrikan pada mobil sangat berperan penting sebab mencakup banyak komponen penting mobil. 

Beberapa hal yang termasuk pada sistem kelistrikan adalah sistem lampu mobil, kelistrikan mesin, dan sistem pengapian mobil. Teknisi akan mencari tahu apakah seluruh sistem tersebut bekerja dengan baik. 

2. Penggantian Oli Mesin 

Bagi mobil, oli mesin memegang peranan yang sangat penting supaya kinerjanya senantiasa optimal. Oleh karena itu, umumnya para teknisi akan melakukan penggantian oli mesin setidaknya setiap 6 bulan atau 5.000 – 10.000 km. 

3. Penggantian Kampas Kopling 

Kampas kopling adalah bagian penting yang akan menghubungkan antara transmisi dan mesin mobil. Supaya kampas senantiasa optimal, maka Anda harus menggantinya secara berkala karena bisa aus seiring berjalannya waktu.

Harga penggantian kampas kopling sendiri beraneka ragam sesuai dengan merk, model, dan juga tempat Anda melakukan servis. 

4. Penggantian Filter Oli 

Komponen service mobil selanjutnya adalah filter oli. Filter oli mesin juga sangat penting untuk mendapatkan pergantian secara berkala. Umumnya pergantian filter ini akan dilakukan bersamaan dengan oli mesin. 

Tujuannya adalah untuk memastikan filter oli tetap bersih sehingga bisa menyaring oli mesin secara maksimal. Karena ketika filter maksimal, mesin mobil bisa tetap prima. 

5. Ban 

Ban adalah bagian yang penting untuk mobil karena langsung bersentuhan dengan jalan. Inilah yang membuat kondisi ban harus selalu prima untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna. 

Ketika servis, para teknisi bisa melakukan spooring atau balancing untuk ban mobil. Balancing tujuannya adalah untuk menyeimbangkan roda mobil kembali. Sementara spooring bertujuan untuk meluruskan kedudukan semua roda mobil. 

6. Perawatan Kampas Rem 

Terakhir, bagian kampas rem juga penting untuk di cek secara berkala. Karena ketika kampas rem tidak bekerja dengan baik, maka sistem pengereman mobil bisa terganggu dan ini bisa membahayakan untuk pengendara. 

Hubungi HaloBengkel 

Service berkala mobil memang menjadi hal yang sangat penting. Akan tetapi, ada hal lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu soal memilih bengkel untuk servis. Pastikan Anda memilih bengkel yang tepat seperti HaloBengkel.

HaloBengkel adalah bengkel modern yang memfokuskan layanan kepada perawatan dan perbaikan mobil. Kami memiliki standar operasional (SOP) yang kuat sehingga memastikan layanan terbaik untuk seluruh pelanggan. 

HaloBengkel juga menghadirkan aplikasi yang bisa Anda unduh secara gratis di Google PlayStore. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan booking untuk service mobil dengan jauh lebih praktis, cepat, dan mudah. 

Selain itu, kami juga menawarkan jasa inspeksi mobil bekas yang bisa menjadi pilihan untuk siapa saja yang akan membeli mobil bekas. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi HaloBengkel dan unduh aplikasinya sekarang juga!

FAQ 

Apa itu service mobil? 

Service adalah kegiatan untuk memperbaiki, menyetel, merawat, atau mengganti berbagai komponen pada kendaraan yang mengalami penurunan kinerja. 

Apa tujuan service berkala mobil

Bagi mobil, service sangat penting untuk memastikan berbagai komponen mesin dalam mobil bisa berada dalam kondisi yang baik untuk berkendara dan memastikan pengendara aman dan nyaman ketika di jalan raya.

Apa saja periode atau jangka waktu service mobil?

Beberapa periode servis mobil adalah servis setelah 50.000 km, servis setiap 40.000 km/ 80.000 km / 120.00 km, servis setiap 20.000 km/ 60.000 km/ 100.000 km, servis berkala setiap 5.000 Km atau 10.000 Km, dan tune up mobil.



Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi