Simak Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

Share This Post

Simak Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

Simak Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil, HaloBengkel.com – Dimana dampak dari naiknya bahan bakar bisa langsung terasa pada seluruh lapisan masyarakat, baik kalangan menengah maupun bawah. Kita pun disarankan lebih baik dalam menggunakan bahan bakar, lebih efisien dan tidak boros.

Namun tidak perlu khawatir kalau Anda pusing dengan hal ini, kami berikan beberapa cara agar bahan bakar mobil bisa lebih hemat. Simak beberapa cara menghemat bahan bakar mobil berikut ini.

  • Matikan mesin saat berhenti.

Sebetulnya jangan setiap mobil berhenti mematikan mesin, namun saat berhenti dalam waktu lama lah yang disarankan untuk mematikan mesin mobil. Perlu kita catat kalau mesin tetap menyala dan mobil tidak berjalan itu bisa membuat pembakaran bahan bakar jadi lebih boros. 

Memang kebiasaan tetap di mobil atau menunggu di mobil dengan tetap menyalakan AC mobil itu membuat nyaman, namun alangkah baiknya tidak membuat bahan bakar boros dengan hal ini.

Baca juga: Teknik Gampang Parkir Paralel Mobil Matic Terutama Untuk Perempuan

  • Berkendara dengan cara ekonomis.

Mobil-mobil baru sudah dibekali dengan indikator hemat bbm yang akan otomatis menyala jika cara berkendara kita dinilai ekonomis oleh mobil. Kita tidak disarankan untuk agresif kebut-kebutan dan menginjak gas sembarangan, jika teknologi ini tidak dimanfaatkan maka bensin jadi lebih boros. 

Berkendara dengan sadar, baik dan benar agar konsumsi bahan bakar tidak menjadi boros atau keluar secara percuma.

  • Cek berkala tekanan pada ban mobil.

Tekanan ban yang pas tidak akan memberatkan kerja mobil dalam melaju. Karena tekanan ban mobil yang kurang, bisa membuat mobil bekerja dengan ekstra. Jadinya konsumsi bensin pada mobil tadi jadi lebih besar daripada biasanya. 

Sesuaikan tekanan ban pada mobil agar mobil tidak menjadi berat dan memberikan beban pada ban yang berdampak pada terkurasnya bensin secara percuma.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  • Menggunakan bahan bakar terbaik.

Saat mobil keluar dari showroom atau dealer, sudah diberikan rekomendasi bahan bakar atau oktan secara spesifik. Menggunakan bensin dengan oktan dibawah rekomendasi itu bisa membuat konsumsi bensin tidak efisien. Ketahuilah berapa rekomendasi nilai oktan bahan bakar mobil Anda dan beli bahan bakar sesuai dengan oktan tersebut.

  • Menggunakan AC terlalu dingin.

Memang kami tahu kondisi suhu Jakarta dan kota besar di Indonesia ini sudah panas, alasan inilah yang bikin kita kadang pakai AC mobil lebih dingin dari biasanya. 

Tahukah Anda, dengan menggunakan AC pada suhu yang rendah bisa membuat konsumsi bahan bakar mobil jadi membengkak. Jadi, gunakan AC secara pas saja ya, tidak perlu terlalu dingin, atau sudah cukup sejuk, kembalikan knop AC pada posisi yang pas.

  • Beban mobil terlalu berat.

Mobil itu punya kapasitas maksimum, dimana dengan beban maksimal ini sudah dibatasi. Jika kelebihan beban berat pada mobil, kerja mesin jadi berat dan mengakibatkan bahan bakar mobil jadi sangat boros.

Jadi disarankan agar membawa beban pada mobil terutama barang jangan terlalu berat. Kurangi beban atau barang bawaan agar kerja mobil jadi tidak berat dan tidak membuat mesin bekerja keras.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.