Simak Manfaat Injector Cleaning Buat Mobil

Share This Post

injector cleaning

Simak Manfaat Injector Cleaning Buat Mobil, HaloBengkel.com – Injektor mobil memiliki fungsi sebagai penyuplai bahan bakar dan juga udara ke ruang mesin atau juga silinder. Di dalam sebuah injector terdapat beberapa komponen pendukung, salah satunya adalah sensor. 

Sebelumnya, penyuplai bahan bakar dan udara dalam mobil dilakukan menggunakan sistem manual dengan karburator. Namun pada mobil keluaran terbaru karburator sudah diganti menggunakan injektor. Maka jangan heran jika anda membongkar mobil lama dan tidak menemukan injektor mobil di sana, melainkan karburator.

Dikarenakan perannya yang sangat penting, yaitu sebagai penyuplai bahan bakar dan udara ke silinder, kondisi injektor mobil yang kotor bisa sangat mempengaruhi kinerja mobil Anda. Beberapa masalah yang bisa muncul karena injektor mobil kotor di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mesin sulit dinyalakan
  • Mesin sering mati mendadak
  • Mesin mogok
  • Asap knalpot berwarna lebih pekat
  • Mesin sering bergetar
  • Bahan bakar bocor

Jika anda tidak mau hal tersebut terjadi, maka disarankan rutin membersihkan injektor mobil. Paling tidak injektor mobil perlu dibersihkan setiap 10.000 KM. Dengan rutin membersihkan injektor, mesin mobil akan kembali prima. Suplai bahan bakar ke silinder tidak akan tersumbat dan kinerja mobil pun tak akan bermasalah karena proses pembakaran bahan bakar menjadi semakin baik.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

Ada 3 cara yang mungkin bisa dilakukan untuk membersihkan injektor, pertama yaitu membawa ke bengkel, lalu mencampurkan cairan pembersih ke sisi bahan bakar, ketiga menggunakan cairan pembersih injektor mobil. Masing-masing cara tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan. Adapun kekurangan dan kelebihannya adalah sebagai berikut.

Injector Cleaner di bengkel

Membersihkan injektor mobil di bengkel tentu akan lebih optima sobatl jika dibanding dengan membersihkannya sendiri di rumah. Di bengkel mobil biasanya terdapat alat kalibrasi injektor. Mesin ini berfungsi untuk memberi tahu apakah seluruh injektor mobil masih dalam kondisi prima. 

Seluruh injektor mobil anda akan dicopot dari mobil lalu dipasangkan pada alat ini. Nantinya alat tersebut akan memberikan tekanan yang sesuai untuk mengetahui kinerja dari injektor mobil. Jika sudah dikalibrasi selanjutnya injektor akan dibersihkan menggunakan cairan dan juga dimasukan ke dalam mesin ultrasonic cleaner.

Dengan cara tersebut, akan terlihat jelas jika injektor mobil sudah benar-benar bersih dan kinerjanya membaik. Kekurangan dari cara ini tentu saja cukup memakan waktu. Anda perlu membawa mobil ke bengkel dan juga mengeluarkan biaya yang lebih tinggi jika dibanding membersihkan injektor mobil di rumah.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

Mencampur bahan bakar dengan Injector Cleaner

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah mencampurkan injector cleaner dengan bahan bakar. Cara ini tentu tidak akan seefektif cara pertama karena anda tidak bisa secara langsung memastikan apakah injektor mobil anda sudah benar-benar bersih.

Dengan cara ini, bahan bakar yang sudah tercampur dengan injector cleaner akan membersihkan injektor saat terjadi pemompaan bahan bakar.

Menggunakan cairan injector cleaner

Cara terakhir ini bisa dibilang cukup efektif jika dibanding dengan cara kedua, namun tentu saja masih kalah efektif dengan membawa kendaraan anda ke bengkel. Anda bisa membeli injector cleaner di pasaran, lalu membersihkannya sendiri di rumah.

Kekurangan dari cara ini adalah langkah-langkah pembersihan yang cukup rumit apalagi jika anda tidak begitu paham komponen-komponen mobil. 

Pertama siapkan selang untuk menghubungkan antara injektor mobil dan juga tabung injektor cleaner. Kemudian pastikan alur tangki bahan bakar ke injektor sudah terputus karena nantinya perlu menyalakan mobil untuk proses pembersihan. 

Jika aliran bahan bakar tidak terputus, tentu saja bahan bakar akan terpompa dan bocor ke mana-mana. Untuk memutus dari aliran bahan bakar, anda hanya perlu mencabut si tuas atau kabel pompa tadi yang ada di tangki. 

Tiap mobil tentu saja berbeda letaknya, maka pastikan anda membaca buku manual mobil anda. Jika itu semua sudah dilakukan, anda hanya perlu menyalakan mobil dan biarkan beberapa menit menyala hingga proses pembersihan injektor mobil selesai.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Leave a Reply