Tanda Kampas Rem Mobil Habis

Share This Post

tanda kampas rem mobil habis

Tanda Kampas Rem Mobil Habis, HaloBengkel.com – Coba ingat lagi kapan terakhir kali anda mengganti kampas rem mobil anda? Jika anda sampai lupa kapan terakhir kali mengganti kampas rem, maka anda perlu berhati-hati, karena bisa saja kampas rem mobil anda sudah aus dan perlu untuk diganti. 

Tidak seperti oli mobil yang harus rutin diganti setiap 1-3 bulan sekali, kampas rem yang bisa bertahan sangat lama membuat pemilik mobil kadang lupa untuk mengecek kondisinya. Padahal kampas rem yang sudah aus bisa menimbulkan banyak sekali masalah seperti pengereman yang tidak maksimal, merusak piringan cakram, bahkan bisa membuat mobil mengalami kecelakaan.

Cara paling efektif untuk mengetahui jika kampas rem mobil anda sudah aus adalah dengan membongkar ban mobil. Namun jika hal tersebut dirasa terlalu merepotkan, anda bisa memperhatikan kinerja rem mobil anda. Jika kampas rem sudah mulai aus dan butuh diganti, ada beberapa ciri-ciri yang bisa anda rasakan. Apa saja kah itu?

  • Pedal rem masuk terlalu dalam sat diinjak

Perhatikan pedal rem mobil anda saat sedang melakukan pengereman. Jika anda perlu menginjak pedal tersebut hingga dalam untuk memperlambat laju mobil, maka jelas sekali kampas mobil anda sudah aus dan perlu diganti.

Rem tromol memiliki pegas pengembali yang akan membuat piston mobil kembali pada posisi semula. Jika kampas rem masih tebal, pergerakan piston hanya perlu sedikit saja karena tromol rem otomatis tertekan. Tapi jika kampas rem sudah tipis, atau bahkan habis, maka piston harus bergerak lebih jauh agar tromol bisa tertekan.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

  • Rem tidak maksimal

Ciri-ciri ini bisa dikatakan sebagai tanda yang paling mudah diketahui karena paling terasa. Saat anda menginjak pedal rem namun mobil masih sulit untuk dierhatikan jelas sekali merupakan tanda bahwa kampas mobil anda perlu segera diganti. Sehingga saat pedal rem diinjak, mobil anda tidak dapat langsung berhenti.

  • Pedal rem bergetar saat diinjak

Pernahkah pedal rem anda terasa bergetar saat diinjak? Jika ia, maka kemungkinan ini terjadi karena kampas rem yang sudah aus dan butuh segera diganti. Saat kampas rem menipis, piringan cakram rem tidak bisa mencengkeram dengan sempurna, sehingga akan muncul getaran saat pedal rem diinjak. Getaran tersebut tidak hanya terasa di pedal saja, namun getaran tersebut bisa terasa juga sampai ke stir mobil jika kondisinya sudah sangat buruk.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

  • Terdengar suara berdecit

Ciri terakhir yang bisa anda rasakan saat kampas rem sudah aus adalah munculnya suara berdecit saat anda menginjak pedal rem. Suara decit seperti gesekan logam atau besi ini terjadi karena kampas rem yang sudah habis hanya meninggalkan bagian besinya saja. Jika sudah begitu, ini artinya sistem pengereman sudah tidak lagi terkena kampas, melainkan bagian besi tersebut.

Itulah beberapa ciri yang bisa anda perhatikan saat berkendara. Jika salah satu dari keempat hal di atas sudah anda rasakan, maka ada baiknya anda segera membawa mobil ke bengkel dan mengganti kampas rem. Sehingga anda tak perlu khawatir akan terjadi hal buruk saat mobil dikendarai.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.