Teknik Gampang Parkir Paralel Mobil Matic Terutama Untuk Perempuan

Share This Post

parkir paralel mobil

Teknik Gampang Parkir Paralel Mobil Matic Terutama Untuk Perempuan, HaloBengkel.com – Untuk pemula yang sudah memiliki kendaraan mobil matic pasti kendalanya adalah bingung bagaimana cara yang gampang untuk parkir paraler mobil matic kamu. Nah, sesungguhnya ada teknik yang mudah yang bisa kamu lakukan lho.

Ketika kamu mengendarai mobil matic kamu untuk kegiatan sehari-hari pasti tidak lepas dari proses untuk parkir mobil. Baik itu di mall, kantor, bahkan ketika sedang berada di pinggir jalan. Namun, sering kali juga proses parkir ini bisa membuat hati deg-degkan bagi kamu yang belum terbiasa memarkirkan mobil kendaran kamu.

Pada saat kamu hendak memarkirkan mobil kamu. ada beberapa teknik yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Yaitu kamu jangan menggunakan rem tangan pada saat kamu parkir bukan berupa tanjakan.

Jika kamu ingin menggunakan rem tangan pada saat ingin memarkirkan mobil itu akan merepotkan kendaraan orang lain dan pastinya kamu akan dicari oleh petugas parkir setempat karena supaya mobil kamu bisa segera di geser.

Berikut ini adalah teknik yang mudah untuk kamu memarkir mobil

  1. Geser Transmisi ke Posisi P

Pertama yang perlu kamu perhatikan adalah posisi tuas transmisi D ke posisi P. Dengan ini fungsinya adalah supaya mesin mobil dapat di matikan secara baik. 

Dan kamu jangan lakukan secara langsung mengubah ke posisi N. Karena jika kamu langsung ubah ke posisi N, mesin memang sudah mati, tapi sistem elektronik yang ada di mobil masih nyalah. Dan dapat mengakibatkan kamu tidak bisa mengunci mobil dari luar.

Baca juga: Berapa Lama Periode Penggunaan Ban Mobil

  1. Tarik Rem Tangan

Sehabis posisi tuas dari D ke P, maka langkah selanjutnya kamu harus mematikan mesin mobil kamu dengan menekan tombol engine stop lalu kamu aktifkan rem tangan. Dengan kamu melakukan rem tangan, kamu mempunyai fungsi agar mobil kamu tidak begerak pada saat kamu hendak ingin memindahkan tuas dari posisi P ke posisi N.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  1. Aktifkan Shift Lock

Untuk selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan shift lock. Karena fitur shift lock di mobil berupa tombol yang cukup kecil. Dibandingkan dengan mobil lain fiturnya berupa bolongan yang dimasukan ke anak kunci lalu kamu harus menekan untuk mengaktifkan fitur shift lock.

Fungsi dari fitur shift lock ini adalah untuk membolehkan kamu yang hendak ingin memindahkan posisi P ke N. Dan jika kamu tidak mengaktifkan fitur fungsi shift lock ini maka tuas transmisi akan segera terkunci ke P, sehingga tidak bisa lagi dipindahkan ke posisi N.

  1. Geser Tuas Transmisi ke Posisi N

Jadi, setelah kamu mengaktifkan fitur shift lock. Maka langkah selanjutkan yang perlu kamu lakukan adalah geser tuas transmisi ke posisi N.

  1. Turunkan Rem Tangan 

Jika posisi tuas berada di posisi N , Maka jangan lupa untuk menurunkan rem tangan. Pastikan rem tangan di posisikan pada kondisi yang sedang tidak melakukan pengereman. Setelah ini kamu sudah bisa meninggalkan kendaraan mobil kamu dan mengunci pintunya deh.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply