Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Share This Post

Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Tips Aman Berkendara di Musim Hujan, HaloBengkel.com – Seperti yang kita ketahui, sekarang ini sudah memasuki musim hujan. Walaupun hujannya belum terlalu sering. Tapi kamu harus mempersiapkan beberapa kebutuhan supaya ketika kamu sedang berkendara disaat hujan akan tetap nyaman dan aman. 

Apa sih yang harus dipersiapkan jika kamu sedang berkendara disaat musim hujan?

  • Persiapan untuk si pengemudi

Selain mempersiapkan untuk mobil, kamu juga sebagai pengemudi mobil harus mempersiapkan atau memperhatikan  beberapa hal ketika sedang musim hujan. Seperti kamu harus mempersiapkan payung, karena payung saat bermanfaat ketika dalam kondisi yang mendesak.

Jangan lupa periksa tempat payung kamu dan pastikan payung kamu tidak rusak. Siapkan juga sendal didalam mobil ketika kamu sedangkan mengunakan sepatu dan sepatu kamu basah. Dan jangan lupa untuk selalu membawa masker dan baju ganti untk sekedar berjaga – jaga.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  • Persiapan mobil

Mempunyai ban lebih adalah satu persiapan yang harus kamu punya didalam mobil. Karena ban mobil sangat penting, apa lagi pada saat musim hujan. Dan pastikan juga keausan telapak ban mobil kamu apakah sudah sesuai dengan pedoman pada Tread Wear Indicator (TWI), yang terletak pada alur ban mobil. 

Jika keausan ban ban yang kamu miliki sudah melewati batas Tread Wear Indicator (TWI) maka bisa menyulitkan kamu ketika sedang berkendara di jalanan yang licin. Dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan tekanan angin ban kamu agar sesuai standar mobil. Maka dengan melalukan hal tersebut kamu bisa mengemudi dengan aman di berbagai kondisi jalan raya.

Karena jika kondisi jalanan yang licin itu akan membuat rem mobil kamu harus bekerja secara ekstra. Jadi, pastikan rem mobil kamu berfungsi pada semestinya dengan cara kamu harus memeriksa kampas rem den juga kamu harus mengisi tabung minyak rem sesuai pada takarannya. 

Dan cek juga saluran rem nya jika saluran remnya menetes itu tandanya rem bocor. Komponen kelistrikan mobil juga akan berkerja secara ekstra, dikarenakan seluruh bagian perangkat listrik akan beroperasi ketika sedang hujan. Dan jangan lupa juga untuk selalu mengecek kondisi aki mobil kamu dan pengisian alternator untuk tetap menjaga kinerja nya.

Wiper mobil juga menjadi bagian yang terpenting ketika sedang turun hujan. Jadi, pastikan wiper mobil kamu dalam keadaan yang baik serta dapat bergerak dengan semestinya.

Service mobil mulai Rp 500rban di HaloBengkel, bengkel mobil di Balikpapan #1

Lalu kamu juga harus memperhatikan semua lampu mobil, dimulai dari lampu utama, fog lamp, sein, sampai lampu belakang. Hal ini berguna untuk dapat memastikan tidak ada lampu yang mati. dan perhatikan juga AC mobil kau berfungsi dengan baik dan dingin. Hal ini berfungsi untuk jika sewaktu – waktu kaca depan mobil kamu berembun, kamu bisa langsung nyalahkan ac mobil. 

  • Persiapan pada eksterior 

Jika kondisi mobil kamu kotor dan kurang nyaman setelah terkena hujan terus menurus, kamu bisa segera bilas saat tiba sampe di rumah, hal ini dilakukan untuk menghindari bodi mobil kamu dari jamur atau water spot. Jika kamu melalukan ini maka bodi mobil dan warna cat nya akan tetap mulus dan cerah. 

Sempot bodi mobil kamu dengan menggunakan air bersih, lalu semprotkan bagian bawah mobil dan atap mobil, untuk menurunkan kotoran halus seperti pasir, dll. Lalu cuci menggunakan shampo mobil dan bilas hingga bersih, dan keringkan.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply