Tips Menstarter Mobil Saat Aki Tekor

Share This Post

starter aki mobil

Tips Menstarter Mobil Saat Aki Tekor, HaloBengkel.com – Banyak orang yang masih kebingungan mengenai cara stater mobil saat aki tekor. Nah karena itulah, pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai cara untuk stater mobil yang akinya tekor.

Cara Stater Mobil Saat Aki Tekor

Cara yang seringkali digunakan untuk stater mobil yang akinya tekor adalah dengan menggunakan kabel jumper. Adapun cara untuk melakukan stater mobil yang akinya tekor, dengan menggunakan kabel jumper adalah sebagai berikut:

  • Siapkan Alat Yang Dibutuhkan

Langkah pertama untuk melakukan cara ini adalah mempersiapkan alat yang dibutuhkan. Misalnya saja aki dan kabel jumper. Jangan sampai ada alat yang tertinggal. Sebab, jika ada satu saja alat yang dibutuhkan tidak terpenuhi, maka cara ini akan gagal dilakukan.

  • Posisikan Kendaraan

Teknik ini merupakan teknik yang melibatkan dua kendaraan. Karena itulah, Anda harus mencari posisi yang tepat untuk kedua kendaraan. Jangan sampai posisi kedua kendaraan terlalu jauh, sebab kabel jumper tidak akan bisa dihubungkan. Selain itu, carilah posisi yang nyaman untuk kedua kendaraan tersebut agar proses ini mudah dilakukan.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  • Matikan Barang Elektronik Yang Terhubung Dengan Mobil

Selanjutnya pastikan bahwa barang elektronik seperti radio atau AC yang ada pada mobil telah dalam kondisi mati. Jika alat-alat elektronik tersebut masih hidup segera matikan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak mengganggu jumper aki mobil. Karena, barang elektronik yang masih menyala akan memberatkan proses menghidupkan mobil.

  • Sambungkan Kabel

Saat akan mulai memancing aki mobil mati, terlebih dahulu Anda harus memastikan bahwa kabel jumper yang hendak digunakan tidak ada masalah misalnya saja kabel terkelupas dan terlilit yang bisa menyebabkan proses jumper membahayakan pelakunya. Tidak hanya itu saja, pastikan juga jika kedua mesin pada mobil telah dalam kondisi mati. Untuk posisi transmisi manual berada pada posisi N, sedangkan untuk mobil matic posisi transmisi berada pada posisi P dan rem tangan telah dilakukan.

Untuk kabel yang perlu disambungkan adalah kabel jumper yang berwarna merah dengan kutub positif aki. Sedangkan kabel satunya, yaitu kabel yang berwarna hitam dihubungkan ke kutub negatif dan sisi lainnya disambungkan ke ground yang berupa bagian metal pada mobil yang mengalami aki tekor. Untuk proses penyambungan kabel ini jangan sampai salah, sebab jika salah bukan hanya proses jumper tidak berhasil namun juga berpotensi membahayakan Anda sendiri.

  • Nyalakan Kedua Mobil

Jika semua kabel telah disambungkan, Anda perlu menunggu sebentar agar aki yang tekor bisa sedikit terisi. Kemudian barulah nyalakan mobil yang memiliki aki bagus dan injak pedal gas secara perlahan. Selanjutnya cobalah starter mobil yang akinya tekor. Apabila mobil yang aki tekor belum mau menyala, Anda perlu menunggu beberapa saat hingga aki telah terisi dengan lebih banyak daya. Barulah coba kembali untuk menyalakan mobil yang telah mogok.

Service mobil mulai Rp 500rban di HaloBengkel, bengkel mobil di Balikpapan #1

  • Lepas Kabel Jumper

Setelah mobil berhasil dinyalakan, Anda dapat melepaskan kabel jumper dengan urutan yang terbalik dari cara saat Anda memasangnya. Sehingga pertama Anda harus melepaskan kabel hitam yang terhubung ke ground. Selanjutnya melepaskan kabel dari kutub negatif aki. Lalu lepaskan kabel jumper yang berada pada kutub positif aki yang telah tekor dan kemudian baru lepaskan dari aki yang masih bagus.

Nah, itu tadi cara stater mobil saat aki tekor yang bisa Anda coba lakukan. Semoga informasi mengenai cara untuk stater mobil yang akinya tekor tersebut bisa berguna dan menambah wawasan Anda.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.