Tips Merawat Aki Mobil

Share This Post

aki mobil

Tips Merawat Aki Mobil, HaloBengkel.com – Mengetahui cara merawat aki untuk mobil yang jarang dipakai sangatlah penting, sebab dengan mengetahui hal tersebut Anda bisa mencegah agar aki tidak tekor. Sebab itulah, di kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi cara untuk merawat aki pada mobil yang jarang digunakan.

Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang Dipakai

Merawat aki mobil yang jarang digunakan itu tidaklah terlalu sulit. Nah, untuk merawat aki mobil ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Adapun cara untuk merawat aki pada mobil yang jarang digunakan agar tidak tekor adalah sebagai berikut:

  • Periksa Cairan Aki

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kondisi cairan aki yang berada pada mobil. Untuk melakukan hal tersebut Anda hanya perlu melihat ketinggian air aki. Meskipun terkesan sepele, hal ini sangatlah penting untuk dilakukan. Sebab dengan mengetahui ketinggian aki, Anda bisa mengetahui kondisi dari aki tersebut.

Perlu Anda tahu, aki yang memiliki ketinggian air di bawah batas normal tentunya tidak akan bisa menyimpan daya secara maksimal. Karena itulah, arus daya yang ada pada aki akan menurun dan berpotensi untuk mengganggu komponen kelistrikan yang ada pada mobil. Karena itulah, jika Anda mendapati ketinggian aki kendaraan telah dibawah normal segera lakukan pengisian. Sebagai catatan, cara ini hanya berlaku untuk kendaraan yang menggunakan aki basah.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  • Rajin Memanaskan Kendaraan

Memanaskan kendaraan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kondisi dari aki kendaraan. Tidak hanya itu saja, memanaskan mobil juga bisa menjaga komponen mesin secara keseluruhan. Dengan memanaskan mobil bisa membantu menjaga kinerja aki supaya bisa bekerja dengan optimal, serta membuat arus tegangan pada aki tetap bergerak mendistribusikan daya ke seluruh komponen kelistrikan mobil. 

Karena itulah, setidaknya Anda harus memanaskan kendaraan minimal 2 kali dalam seminggu. Jika memungkinkan Anda bisa membawa kendaraan tersebut berjalan-jalan meskipun hanya sebentar. Untuk durasi memanaskan kendaraan sangat bervariasi tergantung dengan jenis dan mereknya masing-masing. Akan tetapi, untuk kendaraan yang memiliki teknologi injeksi hanya perlu melakukan proses ini beberapa menit saja.

Service mobil mulai Rp 500rban di HaloBengkel, bengkel mobil di Balikpapan #1

  • Memeriksa Korosi

Anda perlu melakukan pengecekan apakah Anda korosi yang muncul. Umumnya korosi ini berada pada bagian kutub aki, terutama pada bagian kutub positif. Jika Anda mendapati korosi yang muncul segera lakukan tindakan untuk menghilangkannya. Sebab jika dibiarkan, korosi yang ada pada kutub ataupun sambungan aki dapat mengakibatkan arus daya menjadi terganggu. 

Untuk cara menghilangkan korosi sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Sebab, untuk membersihkannya Anda hanya perlu menyiram korosi tersebut dengan air panas, lalu sikat dengan sikat gigi hingga korosinya menghilang. Saat melakukan penggosokan korosi pastikan melakukannya dengan kuat.

  • Periksa Kabel Terminal Aki

Memeriksa terminal aki sangat penting sebab bagian ini merupakan penghubung antara arus kelistrikan dengan komponen yang terdapat pada mobil. Hal ini diperlukan untuk memastikan sambungan terminal aki tidak kendor. Sebab, jika hal tersebut terjadi pengisian tidak optimal. Tidak hanya itu saja, sambungan yang kendor bisa menyebabkan komponen kelistrikan menjadi tidak stabil. Akibatnya pasokan listrik menjadi melemah dan aki pun menjadi soak.

Jadi itulah tadi informasi singkat mengenai cara merawat aki untuk mobil. Semoga informasi singkat yang telah kami sampaikan di atas dapat berguna dan juga bermanfaat bagi Anda. 

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.