Tips Merawat Mobil Untuk di Rumah

Share This Post

mobil

Tips Merawat Mobil Untuk di Rumah, HaloBengkel.com Jika Anda memiliki mobil, Anda wajib mengetahui cara atau tips merawat mobil untuk di rumah secara berkala. Tips ini akan sangat berguna untuk menjaga kondisi mobil Anda agar tetap awet dan prima dalam waktu lama. Caranya juga cukup mudah, dan bisa Anda lakukan dengan sederhana.

Selain untuk memastikan optimal dan dalam kondisi baik saat digunakan, merawat mobil juga menjadi salah satu investasi. Artinya, jika mobil dalam kondisi baik dan prima dalam jangka panjang, ini bisa menjadi aset berharga bagi Anda.

Simak Tips Merawat Mobil di Rumah Secara Berkala Berikut Ini!

Merawat mobil tidak boleh disepelekan, karena sebagai kendaraan, kondisi mobil juga berhubungan dengan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki mobil baru maupun lama, berikut adalah beberapa tips merawat mobil dengan mudah.

  • Ganti Oli Mobil Secara Berkala

Oli menjadi salah satu komponen yang memiliki fungsi penting pada mesin mobil. Mulai dari meredam gesekan antara komponen mesin mobil, mendinginkan mesin, membersihkan kotoran, serta mencegah karat yang bisa merusak komponen mobil.

Oli akan terpakai terus menerus seiring dengan penggunaan mobil, oli yang lama terpakai dan tidak diganti maka akan kehilangan masa pakainya dan tidak berfungsi secara optimal lagi. Jika lampu indikator oli pada dasbor mobil menyala, maka oli sudah tidak layak pakai.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  • Memeriksa Ban

Ban mobil ibarat kaki pada manusia, jika kondisinya sudah tidak layak pakai, maka bisa menjadi masalah pada pergerakan mobil. Ban adalah komponen yang berfungsi untuk memastikan mobil bergerak dan melakukan manuver dengan stabil.

Untuk mengecek kondisi ban, Anda bisa mulai dengan tekanan anginnya, jangan sampai kurang maupun lebih, Tekanan angin bisa menyebabkan ban kehilangan daya cengkeram sehingga tidak maksimal, hingga bisa robek karena tekanan di dalamnya yang tidak sesuai.

  • Mengisi Air Radiator dan Cairan Lainnya

Radiator memiliki fungsi untuk menyeimbangkan suhu pada mobil ketika digunakan. Karena jika terlalu panas, maka bisa menyebabkan kerusakan yang parah pada mesin mobil, oleh karena itu, radiator berfungsi untuk menyeimbangkan atau mendinginkannya.

Untuk memaksimalkan fungsi radiator, maka Anda harus mengisi air atau coolant untuk radiator secara berkala, agar selalu tersedia. Cairan lain yang juga harus diisi secara berkala adalah air dalam tabung pembersih kaca, yang biasanya digunakan pada saat hujan. 

Service mobil mulai Rp 500rban di HaloBengkel, bengkel mobil di Balikpapan #1

  • Ganti Aki Secara Berkala

Komponen pada mobil yang harus juga diganti secara berkala adalah aki. Aki mobil berfungsi sebagai sumber listrik. Aki inilah yang akan memantikkan api dan dibakar oleh bensin, kemudian hasil pembakaran inilah yang akan menjadi energi untuk mobil.

Aki juga berfungsi untuk menyimpan listrik, untuk menghidupkan komponen elektrik pada mobil. Jika masa hidup aki sudah habis, maka fungsi atau kinerjanya akan terus berkurang seiring dengan masa pakainya. Biasanya, aki harus diganti setelah masa pakai 2 hingga 3 tahun sekali.

  • Memeriksa Kondisi Rem Mobil

Rem mobil menjadi salah satu komponen penting pada mobil yang tidak boleh Anda abaikan. Tanpa adanya rem yang layak pakai, maka bisa membahayakan pengendara mobil. Oleh karena itu, pastikan rem mobil selalu pakem.

Caranya dengan mengecek beberapa komponen pada rem mobil, seperti cakram, kampas, serta memahami indikasi jika kondisi rem mobil sudah mula berdecit, tidak pakem, dan pedal rem sulit untuk diinjak.

Jika Anda ingin mobil Anda selalu dalam keadaan baik dan prima dalam waktu lama, maka ikuti tips merawat mobil untuk di rumah seperti langkah di atas. Jangan sampai Anda hanya menggunakan mobil tapi tidak melakukan perawatan secara berkala.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.