Waktunya Air Radiator Harus Diganti Kapan Sih?

Share This Post

air radiator

Waktunya Air Radiator Harus Diganti Kapan Sih?, HaloBengkel.com – Siapa yang belum tahu apa itu air radiator, buat yang belum tahu, air radiator ini merupakan cairan khusus untuk menstabilkan suhu mobil. Air ini sangat penting pada mobil, karena fungsinya penting, kita perlu tahu nih kapan air radiator itu harus diganti dan kapan sih air radiator ini habis. 

Pada umumnya, air radiator ini tidak boleh habis ya teman-teman, karena jika air radiator ini habis, maka cara pendinginan mesin mobil, jadi tersendat, dan berbahaya merusak mesin mobil. Ciri utama yang bisa dirasakan seperti mesin mobil jadi lebih kasar dari biasanya. Kalau mesin terlalu panas, maka sistem pembakaran mesin mobil tidak menjadi maksimal. 

Jika air radiator ini ukurannya tepat dan tidak kurang atau habis, proses pembakaran mesin mobil jadi stabil dan membuat mobil berakselerasi dengan baik. Ciri yang lain kalau air ini berkurang seperti AC mobil tidak berfungsi secara normal. Ditambah jika freon AC masih banyak, tapi AC kok kurang dingin meskipun dinyalakan lama, nah AC kurang dingin ini bisa jadi karena air radiator yang habis, atau sudah mulai menipis. 

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

Adapun ciri lainnya seperti suhu dari mesin mendekati merah lalu jarum indicator di dashboard ke sisi warna merah saat air radiator ini berkurang. Jarum yang bergerak ini menunjukkan bahwa sistem pendingin mobil tidak bisa bekerja secara sempurna.

Air Radiator Diganti Ketika?

  • Air Radiator Mulai Menipis.

Air radiator berkurang jauh bisa langsung dilakukan penggantian air radiator ya sahabat. Pengecekannya pun mudah, dengan melihat sisi tangka air radiator tersebut, jika sisa setengah atau hampir habis, bisa diganti ya sahabat. Oh iya, tidak disarankan menambah air radiator yang ada di tabung itu ya, karena bisa berisiko merusak kandungan dari air radiator itu sendiri, dan akhirnya fungsi kerja dari air radiator yang tercampur tidak maksimal.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

  • Ketika Overheating.

Kondisi ini sebetulnya jangan sampai terjadi, namun jika terjadi kita harus segera menggantinya. Disarankan, di mobil harus ada air radiator cadangan, karena hal ini bisa terjadi karena dalam perjalanan, terutama perjalanan jauh seperti saat musim mudik pulang kampung tiba.

  • Warna Berubah.

Air radiator perlu diganti ketika air radiatornya mulai berubah warna, seperti lebih pudar, keruh dan juga berwarna coklat pucat. Jika ciri ini sudah terlihat, tidak usah menunggu jarak tempuh rekomendasi bengkel untuk menggantinya, lakukan penggantian segera, agar tidak menyebabkan kerusakan menjalar ke beberapa komponen lainnya. 

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.