Waktunya Service AC Mobil Kapan Sih?

Share This Post

service ac mobil balikpapan

Waktunya Service AC Mobil Kapan Sih?, HaloBengkel.com – Sebuah komponen yang sudah biasa digunakan selama mobil beroperasi, maka AC (air conditioner) sangat penting untuk selalu dilakukan perawatan. Jangan menunggu  AC sampe rusak atau bermasalah ya, karna AC sifatnya harus dilakukan perawatan secara rutin disesuaikan dengan usia pakainya.

Jika  mobil masih baru, pada dasarnya AC sebenarnya tidak ribet dalam perawatannya ketika sedang ada kendala atau sedang rusak. Tapi yang harus diketahui jika mobil sudah berumur di atas 5 tahun, pasti ada kemungkinan AC akan mengalami masalah, apalagi kalau AC mobil kita tidak dirawat dengan baik.

Yuk, kita simak kapan sih waktu terbaik buat servis AC mobil yang kita miiki. Berikut ada 3 penjelasannya yang wajib kamu ketahui.

  1. Estimasi Biaya Service AC Mobil

Sebetulnya biayanya sangatlah beragam, dan setiap jenis mobil pasti berbeda-beda. Tergantung jenis mobi, dan kondisi AC mobil itu sendiri. Nah, perbedaannya ini bisa didasarkan dengan kategori service. Ada jenis service kecil yang cuman hanya membersihkan atau penucian AC saja. Dan ada juga jenis service besar yaitu hanya memperbaiki atau hanya menganti komponen-komponen AC yang sedang rusak.

Contoh estimasi biaya yang biasanya dibutuhkan untuk setiap jenis kategori:

  • Estimasi Biaya Ganti Spare Part AC Mobil

Estimasi biaya ini tergantung jenis spare part yang sedan diganti. Tapi biasanya estimasi dijumlah Rp250 ribu sampai Rp850.000,00.

  • Estimasi Cuci Atau Pembersihan AC Mobil

Total estimasi ini biasanya tergantung pasa 2 kategori jenis pabrik mobilnya, apakan mobil Eropa atau mobi Jepang.

Dan untuk moobil Eropa biasanya sekitar Rp1,2 juta hingga Rp2 juta. Dan untuk mobil Jepang diangka Rp300 ribu. Dari perbedaan harga tersebut dikarekan tipe atau jenis komponen yang dipakai sangat berbeda, jadi membutuhkan treatment yang berbeda juga.

  • Estimasi Biaya Service Kondensor

Kalau kamu termaksud yang suka perawatan mobil secara rutin biasanya biaya sekitar Rp100 ribu sampai Rp200 ribu saja. Tapi jika melalukan kuras kodensor biasanya biayanya Rp175 ribu. Dan jika ingin menganti kondesor biayanya sekitar Rp500 ribu.

  • Estimasi Ganti Magnetic Clutch

Seperti yang kita ketahui magnetic clutch adalah komponen AC mobil yang terdiri atas clutch, pulley, dan spul magnet. Nah, komponen ini biasanya berfungsi mengaktifkan dan menonaktifkan kerja kompresor.

Dan jika magnetic clutch ini sedang bermasalah, maka AC mengeluarkan udara panas atau dingin. Estimasi untuk mengganti komponen ini sekitar Rp350 ribu sampai Rp500 ribu.

  • Estimasi Biaya Ganti Evaparator

Evaparator ini menjadi salah satu bagian kompenen AC yang sangat penting, dan biaya untuk mengantinya dibilang cukup besar, yaitu sekitar Rp800 ribu sampai Rp1,3 juta.

  • Estimasi Ganti Receiver Dryer dan Expansion Valve

Estimasi untuk komponen ini jika sudah rusak, estimasi untuk mengantinya sekitar Rp450 ribu sampai Rp500 ribu.

Bengkel Mobil Balikpapan Halobengkel
Bengkel Mobil Balikpapan Halobengkel
  1. Jadwalkan Service Rutin

Untuk waktu yang sangat cocok service AC secara berkala adaah diwaktu setiap kelipatan 10.000 km. Jenis service yang dilakukan biasanya service kecil yaitu pembersihkan AC dari kotoran atau dari debu. Jika rutin melalukan service ini maka AC akan lebih awet.

Untuk service besar biasanya dilakukan setiap kelipatan 20 ribu km hingga 40 ribu km atau sekitar dua tahun. Dan manfaat service besar ini untuk AC mobil adalah akan dicek secara keseluruhan dan dibersihkan dan akan dicek perawatannya secara detail.

Untuk jenis perawatan rutin yang perlu diingat bagi pemilik mobil adalah kebersihkan komponen evaparator yang harus dibersihkan setiap 8-12 bulan sekali. Dan untuk penggantian filter kabin baiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali.

  1. Ini alasan AC Harus Tetap Diservice

Jika mobil yang kamu miliki tidak rutin membersihkan AC, maka yang akan terjadi akan banyak kotoran yang menempel pada komponen AC. Karena jika kotoran AC yang menumpuk tidak dibersihkan akan menyebabkan kinerja AC tersebut akan terhambat dan dapat menyebakan masalah baru yang lebih besar lagi dikemudian hari.

Oleh karena itu AC sangat penting dibersihan dan sanat penting pula untuk di service supaya AC tidak mudah cepet rusak dan jika sudah rusak akan mengakibatkan biaya perbaikan yang cukup besar.

Buruan service mobil kamu ke HaloBengkel sekarang, download aplikasi HaloBengkel Disini.

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.