4 Efek Kipas Radiator Nyala Terus, Bikin Mesin Cepat Rusak!

Kipas radiator hanya akan menyala ketika water coolant berada di suhu yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, jika kipas menyala

Kipas radiator hanya akan menyala ketika water coolant berada di suhu yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, jika kipas menyala terus maka menandakan adanya kerusakan. Efek kipas radiator nyala terus juga harus Anda waspadai. 

Ada cukup banyak hal yang menyebabkan kipas radiator terus menyala seperti kurangnya air radiator atau kerusakan fan control. Begitu juga kerusakan pada water temperature sensor yang mengatur suhu mesin untuk mencegah overheat

Apa saja dampak kerusakan kipas radiator yang terus menyala? Anda bisa simak dampak buruknya ini. 

4 Efek Kipas Radiator Nyala Terus yang Berbahaya 

Seharusnya kipas pendingin radiator berhenti ketika air pendingin berada di suhu yang sesuai dengan suhu kinerja mesin. Hanya saja, jika terjadi salah satu kerusakan komponen, kipas bisa saja terus menyala. 

Ada dampak yang merugikan akan Anda rasakan seperti:

1. Kerusakan Kipas Radiator 

Kipas radiator akan menyala ketika mesin dinyalakan pertama kali. Durasi kipas menyala kurang lebih 2 menit. Jika, kipas radiator nyala terus saat mesin mati atau menyala lebih dari 2 menit artinya telah terjadi kerusakan. 

Efek kerusakan yang pertama adalah pada komponen kipas itu sendiri. Kipas bekerja terlalu keras sehingga membuat mesin kipas cepat panas. 

Apabila kondisi ini Anda biarkan terus menerus maka risiko mengganti komponen kipas radiator dalam waktu dekat akan terjadi. Bersiaplah untuk mengganti kipas radiator yang sudah tidak berfungsi kembali. 

Baca juga: Biaya Service Evaporator AC Mobil di Bengkel Terdekat

2. Aktivitas Berkendara Tidak Nyaman 

Dampak lain yang sangat terasa adalah terganggunya aktivitas berkendara. Anda tidak akan nyaman karena mesin mobil mungkin saja mengalami panas berlebih di tengah perjalanan. 

Mesin mobil yang terlalu panas akan berdampak pada mobil mogok atau kerusakan pada komponen lainnya ketika kipas radiator tidak berfungsi. Apabila Anda sedang dalam perjalanan menuju tempat kerja, mobil yang mogok akan mengganggu.

Sebaiknya, Anda meluangkan waktu untuk pergi ke bengkel untuk mengecek kondisi kipas radiator apabila kipas menyala terus menerus. Setidaknya dengan pergi ke bengkel, Anda bisa memperbaiki lebih dini dan menghemat biaya perbaikan. 

Baca juga: 7 Penyebab RPM Mobil Tidak Stabil dan Cara Mengatasinya 

3. Mesin Mobil Cepat Rusak 

Kerusakan tidak hanya pada kipas radiator tetapi juga mesin mobil. Ketika kipas mati dan mesin mengalami overheat maka akan terjadi kerusakan yang lebih parah lagi. 

Contohnya, mobil sering mati mendadak, turun mesin, kepala silinder di ruang bakar menjadi melengkung hingga mengganggu kinerja minyak transmisi. Efek kipas radiator mobil mati ini akan menguras  biaya perbaikan lebih besar. 

Misalnya saja, mobil Anda harus turun mesin karena kipas radiator maka biaya yang harus dikeluarkan mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000. Biaya ini belum termasuk dengan memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak. 

Baca juga: 6 Penyebab AC Mobil Tiba Tiba Tidak Dingin dan Solusinya

4. Kerusakan pada Aki Mobil 

Selain mesin, sistem kelistrikan juga akan terpengaruh seperti aki. Fungsi aki adalah untuk menyediakan daya listrik. Ketika kipas radiator terus menyala artinya pasokan listrik yang berlebihan diperlukan. 

Hal ini akan mempengaruhi aki untuk bekerja terlalu keras sehingga lama-kelamaan mengalami masalah. Tidak heran, ketika mobil bisa saja mogok atau tiba-tiba mati meskipun tidak mengalami panas berlebih. 

Anda pun harus bersiap untuk memperbaiki sistem kelistrikan atau mengganti aki dengan yang baru. Biaya perbaikan aki ini bisa mulai dari Rp150.000 dan untuk biaya menggantinya mulai dari Rp700.000-an. 

Efek kipas radiator nyala terus tidak boleh Anda sepelekan. Lebih baik untuk melakukan perawatan rutin dengan cara servis untuk mengecek kinerja kipas radiator. Mekanik di bengkel bisa mendeteksi kondisi kerusakan lebih dini. 

Apabila Anda mengalami kipas menyala terus sebaiknya lepaskan sensor suhu agar berhenti bekerja. Baru setelah itu, Anda bisa membawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut. 

Jangan lupa, Anda perlu membawa mobil ke bengkel profesional seperti HaloBengkel Protection. Kami akan memberikan pengecekan menyeluruh pada kondisi mesin mobil Anda dan melakukan perbaikan secara profesional. 

Selain mengecek kondisi kipas radiator, Anda juga bisa memilih layanan servis mobil, tune up, spooring dan balancing hingga mengecek baterai mobil. Dapatkan semua layanan HaloBengkel sekarang juga sebelum kerusakan berlanjut. 



Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi